Workshop Desain Produk.

Makassar 29 Oktober 2021. Workshop dilakukan sebagai bentuk upaya meningkatkan kemampuan sekaligus sebagai scaling-up kepada para pelaku usaha rintisan yang ingin berkembang. Di era kemajuan ekonomi kreatif saat ini, pertarungan produk tidak lagi sebatas pada keunggulan kualitas atau teknologi saja, namun juga dari sisi emotional benefit bagi para konsumen. Sebagian besar konsumen memiliki kecenderungan untuk mengapresiasi produk yang berkualitas dari sisi value maupun kemasan. Salah satu usaha untuk menarik perhatian konsumen adalah menciptakan desain produk yang unik dan menarik. Dengan desain produk yang bagus, akan memengaruhi konsumen untuk membeli sebuah produk. Itulah mengapa desain produk menjadi salah satu subsektor ekonomi kreatif yang cukup penting.

Meski sering didengar, namun tidak sedikit orang yang bertanya-tanya apa itu desain produk?, secara harfiah desain produk adalah rangkaian usaha untuk mempelajari dan merencanakan benda pakai yang fungsional, ergonomis, tetapi tetap estetis, sehingga bernilai dan bermanfaat bagi konsumen. Sebagian orang juga menyebut desain produk sebagai proses penggabungan fungsi dan estetika yang memiliki nilai tambah tinggi. sehingga saat ini desain produk turut memengaruhi keberhasilan dan kegagalan dari sebuah bisnis.

Dalam membuat sebuah desain, pelaku usaha tidak bisa asal desain, semuanya harus dengan perencanaan. Produk harus disesuaikan dengan target pasar yang dibidik. sebab setiap klasifikasi konsumen memiliki karakteristik tersendiri, mulai dari pemilihan warna, grafis, ilustrasi hingga tata letak desain. Untuk itu perlu tangan-tangan kreatif yang memahami mengenai subsektor desain produk dalam eksekusinya. Hal inilah yang membuat prospek subsektor desain produk dalam ekonomi kreatif indonesia sangat cemerlang.  Sasaran dari kegiatan ini adalah elemen industri kreatif dari berbagai sektor usaha, yang dimana dalam usaha tersebut memerlukan kemasan dan atau desain produk yang jauh lebih baik. 

Kunci dari desain produk yang sukses adalah pemahaman tentang pelanggan, orang yang menjadi tujuan pembuatan produk tersebut. Desainer produk mencoba memecahkan masalah nyata untuk orang-orang nyata dengan menggunakan empati dan pengetahuan tentang kebiasaan, perilaku, kebutuhan, dan keinginan calon pelanggan mereka.
Pelaksanaan kegiatan Workshop Desain Produk mengambil tema ”Milenial Dalam Disrupsi Digitalisasi Produk Kreatif”, dimana perubahan besar yang disebabkan oleh inovasi suatu produk kreatif, dapat mengubah sistem dan tatanan bisnis ke taraf yang lebih baik dan mampu berkompetisi. 

Tujuan pelaksanan Workshop Desain Produk Tahun 2021 adalah untuk memberikan edukasi tentang bagaimana sebuah desain dari suatu produk, dapat berperan penting dan mempengaruhi keberlangsungan suatu usaha, serta bagaiman cara memasarakan secara efektif dalam era digital saat ini, sehingga mampu bersaing secara global. 

Sebuah usaha wajib mengutamakan proses serta pengembangan ide dari desain produk yang diproduksi tersebut. sehingga dalam tahapan sebuah desain produk perlu adanya penanganan khusus mulai dari awal hingga akhir sampai tercipta sebuah desain baru yang inovatif atau pengembangan desain pada produk tersebut lebih unik dan menarik. Kesuksesan subsektor desain produk juga mendukung kemajuan dari sektor-sektor lain dalam industri kreatif. untuk itu, pengembangan dari subsektor ini juga harus menjadi fokus utama, sehingga tercetuslah kegiatan workshop desain produk ini.

 

 

Kegiatan workshop desain produk Tahun 2021 telah dilaksanakan selama dua hari, pada tanggal 29 Oktober sampai dengan 30 Oktober 2021 di Hotel Golden Tulip Makassar, dengan melibatkan 50 (lima puluh) orang peserta dan dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan, Bapak Prof. Dr. Muhammad Jufri, M.Si., M.Psi., Psikolog. 

Kegiatan dilaksanakan dengan menghadirkan 4 (empat) orang Narasumber, diantaranya ;

  • Akbar Zakaria, Digital Marketing Manager SIPS Edutech Indonesia
    Azlan Thamrin, SH., MH., Dosen Ilmu Hukum, dan Advokat
    Lutfi Sanjaya, District Sales Manager PT. Gojek Indonesia
    Muh. Yusuf Darmawan, Food Blogger, dan Founder Ngemil Lucu

  1.  

​​​​​​​​​​​Sebuah usaha wajib mengutamakan proses serta pengembangan ide dari desain produk yang diproduksi tersebut. sehingga dalam tahapan sebuah desain produk perlu adanya penanganan khusus mulai dari awal hingga akhir sampai tercipta sebuah desain baru yang inovatif atau pengembangan desain pada produk tersebut lebih unik dan menarik.

 about-img