Disbudpar Sulsel Gelar Rapat Evaluasi Pre Assesment Geopark Nasional Maros Pangkep

 about-img
MAKASSAR -- Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel menggelar rapat evaluasi pasca pre-assesment yang sebelumnya dilakukan pada 6-8 Juni 2022 di kawasan Geopark Nasional Maros-Pangkep. Rapat evaluasi ini digelar di Ruang rapat Disbudpar Sulsel, Kamis (9 Juni 2022).

Rapat dipimpin langsung Kadisbudpar Sulsel Prof Muhammad Jufri dengan didampingi Sekdis Disbudpar Sulsel Devo Khaddafi serta GM Geopark Nasionak Maros-Pangkep Dedi Irfan.

Rapat evaluasi ini juga dihadiri tim Komite Nasional Geopark Indonesia, Badan Geologi, Kementerian ESDM, Kemenkomarves, Bappenas, Wakil Bupati Pangkep selaku Ketua Pokja Kedatangan Assesor di Kab. Pangkep serta seluruh stakeholder terkait.

Untuk diketahui, sebelum kedatangan tim asesor terlebih dahulu dilakukan kegiatan pre assesment bersama Komite Nasional Geopark Indonesia dan seluruh pihak terkait.

Sebagai informasi, warisan geologi (geoheritage) yang akan dijadikan Geopark ini harus memiliki tiga keanekaragaman yaitu geologi (geodiversity), hayati (biodiversity), dan budaya (cultural diversity).

Geodiversity adalah suatu gambaran keragaman komponen geologi yang dapat mewakili proses evolusi geologi di suatu kawasan. Biodiversity adalah keragaman di antara makhkuk hidup dari berbagai sumber termasuk daratan, pesisir, lautan dan ekosistem perairan lainnya.

Sementara cultural diversity adalah kondisi dimana dalam satu tempat terdapat banyak keragaman budaya. Geopark Maros Pangkep mempunyai ketiga unsur tersebut, sehingga layak untuk mendapatkan pengakuan dunia melalui pengajuan menjadi UNESCO Global Geopark.

Geopark Nasional Maros Pangkep mempunyai keunggulan berupa bentangan tower karst terpanjang ke-2 di dunia setelah Cina Selatan.

Adapun jadwal kedatangan tim assesor yaitu pada tanggal 14 s/d 18 Juni 2022 untuk melakukan penilaian langsung mengenai layak atau tidaknya untuk naik status menjadi UNESCO Global Geopark.

Berita Lainnya.

Dinas Pariwisata SulSel Gelar Pelatihan Pemasaran Bagi ASN Pariwisata

BULUKUMBA -- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatan (Disbudpar Sulsel) dengan dukungan Kementerian Pariwisata RI (Kemenpar RI) menggelar Pelatihan Pemasaran Bagi ASN Pariwisata, 2-4...

Pelajar Memperingati Sumpah Pemuda di Monumen Mandala

Makassar -- Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Jum'at, 28 Oktober 2022 diwarnai dengan kunjungan sejumlah pelajar dari Sekolah Madania Kota Makassar yang berkunjung ke Monumen Mandala P...

Festival Budaya Benteng Somba Opu dimeriahkan 24Kab/Kota Se-Sulawesi Selatan

MAKASSAR, Dalam upaya lebih mengembangkan budaya daerah, UPT Taman Budaya Benteng Somba Opu melaksanakan kegiatan Festival Budaya Daerah. Event budaya ini digelar selama tiga hari mulai...

Rapat Koordinasi Tentang Strategi Digitalisasi Pemasaran Pariwisata Daerah

Selayar – Pada hari Minggu (23/10/2022), Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan : Prof. Dr. Muhammad Jufri, M.Si, M.Psi, Psikolog membuka Rapat Koordinasi tentang S...

KENALKAN POTENSI KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR, DINAS KEBUDAYAAN DAN KEPARIWISATAAN PROV. SULSEL MEMBUAT VIDEO PROFIL PARIWISATA

Minggu, 23 Oktober 2022, Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Prov. Sulsel mengadakan kegitan Pembuatan Video Profil Pariwisata di Kab. Kepulauan Selayar.   Hal ini dilakukan sebagai salah satu pr...