Berdayakan Masyarakat, Disbudpar Lakukan Pembinaan Pokdarwis

 about-img
MAKASSAR -- Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulsel menggelar pembinaan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Kabupaten Tana Toraja bertempat di Hotel Sahid Toraja, Kamis (11 Agustus 2022).

Peserta pembinaan berasal dari anggota dan pengurus dua Pokdarwis Tator yang baru-baru ini dibentuk atas inisiasi Disbudpar Sulsel. Kedua Pokdarwis tersebut yakni Pokdarwis Buntu Tangti dan Pokdarwis Buntu Kandora Palipu.

Penyelenggara pembinaan, Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata Disbudpar Sulsel menghadirkan empat narasumber pada kegiatan tersebut. 

Keempat narasumber tersebut yaitu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja Adelheid Sosang, Pastor dan Budayawan Toraja Yans Sulo, Kabid Pengembangan SDA dan Usaha Ekonomi Desa Hj Hernawati, dan Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Toraja Julius Tandirerung.

Tema yang diangkat dalam kegiatan pembinaan kali ini yaitu "Pemberdayaan Pokdarwis untuk Mendukung Kebangkitan Pariwisata Toraja". 

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kadis Pariwisata Tana Toraja Adelheid Sosang. Ia berpesan agar Pokdarwis yang dibentuk segera bergerak untuk bersama-sama dan berkolaborasi membangkitkan pariwisata Tana Toraja pasca pandemi.

"Selaku pemerintah kabupaten kami berterima kasih kepada Disbudpar Sulsel atas inisiasi penyelenggaraan pembinaan hari ini," katanya.

Karena itu, ia mengharapkan setelah pembinaan dilakukan agar selanjutnya para pengurus pokdarwis membuat program kerja dan mengaktifkan semua anggota.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata Disbudpar Sulsel Bruno S. Rantetana selalu penanggung jawab acara menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan implementasi dari kehadiran Disbudpar Sulsel dalam mensupport pembangunan jalan yang telah dilakukan Dinas PUTR provinsi Sulsel di kawasan-kawasan wisata di Tana Toraja.

"Kami kebagian tugas untuk menyiapkan masyarakat dalam bentuk pemberdayaan pokdarwis. Sebab jalan-jalan di Tana Toraja pada umumnya sudah bagus dan terakses ke berbagai objek. Nah, sekarang masyarakat harus bersiap menyongsong kebangkitan pariwisata," katanya menjelaskan.

Dalam kegiatan tersebut keempat narasumber masing-masing memaparkan berdasarkan bidang masing-masing yang tujuannya memberikan pemahaman pentingnya peran aktif masyarakat dalam pariwisata. 

Berita Lainnya.

Disbudpar Prov. Sulsel Gelar Technichal Meeting Pekan Raya Sulsel ke-8

Disbudpar Prov. Sulsel Gelar Technichal Meeting Pekan Raya Sulsel ke-8.  Makassar, Rabu 21 September 2022, Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Prov. Sulsel bekerja sama dengan PT. ...

JAKARTA TRAVEL FAIR (JTF 2022) #JAKCATION, FEEL THE URBAN VIBES KEMBALI DIGELAR DI MAKASSAR

Makassar, Rabu, 14 September 2022. Membuka rangkaian acara Jakarta Travel Fair 2022,  Pemprov DKI Jak...

Sandiaga Uno Serahkan Penghargaan Desa Wisata Terbanyak untuk Pemprov Sulsel

BANTAENG -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno memberikan penghargaan untuk Pemprov Sulawesi Selatan saat berkunjung ke Desa Wisata Campaga, Bantaeng, Rabu (7 September ...

DISBUDPAR SULSEL MENGADAKAN WORKSHOP FOTOGRAFI UNTUK MEMPERTAJAM WARNA-WARNI KEMAMPUAN FOTOGRAFER LOKAL

Makassar – Sebagai bentuk kepedulian terhadap kualitas dan kemampuan para pelaku industri kreatif, khususnya dari sektor fotografi, Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan ...

Disbudpar Sulawesi Selatan Menggelar forum Kerjasama Pokdarwis Di Toraja Utara.

TORAJA UTARA,  Disbudpar Sulsel melalui Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata melaksanakan kegiatan Forum Kerjasama Kelompok Sadar Wisata.  Kegiatan ini dibuka secara res...

UPT Taman Budaya Benteng Somba Opu Selenggarakan Temu Karya Koreografer

UPT Taman Budaya Benteng Somba Opu, bertempat di Baruga Benteng Somba Opu, Rabu, 24 Agustus 2022 melaksanakan kegiatan Temu Karya Koreografer. Temu karya ini diikuti koreografer dari 7 sanggar seni di...