Sandiaga Uno Serahkan Penghargaan Desa Wisata Terbanyak untuk Pemprov Sulsel

 about-img
BANTAENG -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno memberikan penghargaan untuk Pemprov Sulawesi Selatan saat berkunjung ke Desa Wisata Campaga, Bantaeng, Rabu (7 September 2022).

Penghargaan untuk Pemprov Sulsel tersebut diserahkan Sandiaga Uno kepada Kadis Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel Prof Muhammad Jufri yang mewakili Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Penyerahan piagam penghargaan dilakukan saat kunjungan Sandi dalam rangka penjurian Desa Wisata Campaga Bantaeng yang lolos 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf. 

Sulsel menjadi provinsi dengan jumlah desa wisata terbanyak di event yang merupakan gelaran kedua sejak diluncurkan tahun 2021 lalu.

Desa wisata asal Sulsel yang jadi peserta ADWI 2022 yaitu sebanyak 465 desa wisata. Selain menempatkan Sulsel menjadi provinsi terbanyak pesertanya, juga menjadikan Sulsel terbanyak lolos di 50 besar terbaik.

Terdapat empat desa wisata asal Sulsel yang lolos 50 besar terbaik. Keempat desa wisata tersebut yaitu Desa Wisata Barania (Sinjai), Desa Wisata Matano (Luwu Timur), Desa Wisata Kampung Kambo (Kota Palopo).

"Dengan bangga saya persembahkan penghargaan kepada Sulsel sebagai provinsi terbanyak desa wisatanya pada ADWI tahun ini (2022)," kata Sandi kepada media, undangan, dan warga yang hadir.

Mewakili Gubernur Sulsel, Kadisbudpar Sulsel Prof Muhammad Jufri menyampaikan terima kasih atas penghargaan tersebut. Menurutnya, capaian itu diperoleh berkat keinginan kuat dari pengelola desa wisata untuk bangkit melalui momentum ADWI yang diinisiasi Kemenparekraf. 

"Kami juga menyampaikan apresiasi kepada para pengelola desa wisata, pemerintah desa, dinas pariwisata kabupaten dan kota se-Sulsel. Respon yang baik dan semangat kolaborasi yang kuat mengantar kita mencapai penghargaan ini," kata guru besar Universitas Negeri Makassar ini.

Pada ADWI 2021 lalu, Sulsel berhasil meloloskan tiga desa wisata masuk dalam 50 besar. Ketiganya adalah Desa Wisata Ara (Bulukumba), Desa Wisata Lembang Nonongan (Toraja Utara), dan Desa Wisata Kolesawangan (Tana Toraja).

Berita Lainnya.

Dinas Pariwisata SulSel Gelar Pelatihan Pemasaran Bagi ASN Pariwisata

BULUKUMBA -- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatan (Disbudpar Sulsel) dengan dukungan Kementerian Pariwisata RI (Kemenpar RI) menggelar Pelatihan Pemasaran Bagi ASN Pariwisata, 2-4...

Pelajar Memperingati Sumpah Pemuda di Monumen Mandala

Makassar -- Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Jum'at, 28 Oktober 2022 diwarnai dengan kunjungan sejumlah pelajar dari Sekolah Madania Kota Makassar yang berkunjung ke Monumen Mandala P...

Festival Budaya Benteng Somba Opu dimeriahkan 24Kab/Kota Se-Sulawesi Selatan

MAKASSAR, Dalam upaya lebih mengembangkan budaya daerah, UPT Taman Budaya Benteng Somba Opu melaksanakan kegiatan Festival Budaya Daerah. Event budaya ini digelar selama tiga hari mulai...

Rapat Koordinasi Tentang Strategi Digitalisasi Pemasaran Pariwisata Daerah

Selayar – Pada hari Minggu (23/10/2022), Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan : Prof. Dr. Muhammad Jufri, M.Si, M.Psi, Psikolog membuka Rapat Koordinasi tentang S...

KENALKAN POTENSI KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR, DINAS KEBUDAYAAN DAN KEPARIWISATAAN PROV. SULSEL MEMBUAT VIDEO PROFIL PARIWISATA

Minggu, 23 Oktober 2022, Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Prov. Sulsel mengadakan kegitan Pembuatan Video Profil Pariwisata di Kab. Kepulauan Selayar.   Hal ini dilakukan sebagai salah satu pr...