Festival Budaya Benteng Somba Opu dimeriahkan 24Kab/Kota Se-Sulawesi Selatan

 about-img
MAKASSAR, Dalam upaya lebih mengembangkan budaya daerah, UPT Taman Budaya Benteng Somba Opu melaksanakan kegiatan Festival Budaya Daerah.

Event budaya ini digelar selama tiga hari mulai Jumat 28 Oktober hingga Minggu 30 Oktober 2022 bertempat di Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kota Makassar.

Sebanyak 24 Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan menjadi peserta dalam kegiatan ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Muh. Jufri mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini yang disambut baik oleh masyarakat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak atas support dan partisipasinya dalam gelaran Festival Budaya ini. Terutama kepada masyarakat atas sambutannya yang sangat antusias untuk memeriahkan Festival Budaya ini,” kata Prof. Dr. Muh. Jufri, pada Jumat 28 Oktober 2022.

Menurutnya, itu terbukti dari jumlah masyarakat yang menonton rangkaian kegiatan Festival Budaya.

“Saya lihat penontonnya ramai sekali. Mudah-mudahan ini menunjukkan kecintaan kita kepada budaya kita sendiri,” ujarnya.

Dalam Festival Budaya ini tak hanya menampilkan pagelaran seni dan musik serta acara budaya lainnya, namun juga melibatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Di mana tenant dari UMKM menggelar dagangannya di lokasi acara selama pelaksanaan kegiatan Festival Budaya ini.

Festival Budaya ini, diakui Prof. Jufri akan semakin meningkatkan ekonomi masyarakat dan serta memberikan dampak positif bagi para penggiat UMKM.

“Kegiatan ini tentunya secara langsung memberikan dampak kepada kelestarian budaya kita dan juga perputaran ekonomi masyarakat. Di mana UMKM yang diberi ruang dengan baik dapat berkembang melalui event-event yang digelar pihak pemerintah maupun swasta,” tambahnya.

Prof. Jufri pun berharap kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan setahun sekali namun setidaknya bisa dilakukan minimal sebulan sekali.

Festival Budaya ini, diramaikan pula dengan Pagelaran Seni Daerah, Pagelaran Musik Langgam Daerah, dan Lomba Tari Kreasi Daerah tingkat SLTP, serta Seminar Tari Tradisional Sulsel.

Berita Lainnya.

Dinas Pariwisata SulSel Gelar Pelatihan Pemasaran Bagi ASN Pariwisata

BULUKUMBA -- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatan (Disbudpar Sulsel) dengan dukungan Kementerian Pariwisata RI (Kemenpar RI) menggelar Pelatihan Pemasaran Bagi ASN Pariwisata, 2-4...

Pelajar Memperingati Sumpah Pemuda di Monumen Mandala

Makassar -- Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Jum'at, 28 Oktober 2022 diwarnai dengan kunjungan sejumlah pelajar dari Sekolah Madania Kota Makassar yang berkunjung ke Monumen Mandala P...

Rapat Koordinasi Tentang Strategi Digitalisasi Pemasaran Pariwisata Daerah

Selayar – Pada hari Minggu (23/10/2022), Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan : Prof. Dr. Muhammad Jufri, M.Si, M.Psi, Psikolog membuka Rapat Koordinasi tentang S...

KENALKAN POTENSI KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR, DINAS KEBUDAYAAN DAN KEPARIWISATAAN PROV. SULSEL MEMBUAT VIDEO PROFIL PARIWISATA

Minggu, 23 Oktober 2022, Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Prov. Sulsel mengadakan kegitan Pembuatan Video Profil Pariwisata di Kab. Kepulauan Selayar.   Hal ini dilakukan sebagai salah satu pr...